Baca Tulis Al-Qur'an oleh HIMASTA

Oleh: Hasan S. Panigoro . 18 Agustus 2017 . 14:15:00

GORONTALO - Pengembangan kemahasiswaan Program Studi Staristika berorientasi kepada mahasiswa sebagai pusat pengembangan. Berdasarkan orientasi tersebut, Program Studi Statistika menetapkan strategi Pengembangan Kemahasiswaan yang ditujukan untuk mendampingi mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan akademik/nonakademik. Kegiatan-kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk diskusi, seminar, pelatihan dan pemberian kesempatan pada mahasiswa untuk terlibat dalam organisasi kemahasiswaan.

Maka dari itu oragnisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) Universitas Negeri Gorontalo yang diketuai oleh Zainudin Burhanudin membuat satu program kerja yang mendukung pembelajaran mahasiswa khususnya Statistika yang bertujuan mengentaskan buta huruf Al-Qur'an serta perbaikan bacaan Al-Qur'an bagi mahasiswa. Kegitan yang menjadi program kerja bidang keagamaan ini mengusung tema "Baca Tulis Al-Qur’an".

Melalui kegiatan tersebut Ketua Program Studi Statistika Bapak Hasan Panigoro M.Si. berharap mahasiswa mampu menguasai berbagai macam huruf hijaiyah disamping itu mahasiswa dapat mengambil hikmah dari pelajaran berharga melalui ayat-ayat yang di firmankan Allah SWT kemudian megimplementasikanya kedalam kehidupan sehari-hari.

Karena pada dasarnya tujuan pengajaran Al-Quran adalah agar sebagai umat islam bisa memahami dan mengamalkan isi kandungan dalam Al-quran dalam kehidupan sehari-hari, menjaga dan memelihara baik itu dengan mempelajari dan mengajarkan kepada orang lain sehingga pengajaran dan pendidikan dapat terlaksana terus menerus dari generasi ke generasi sampai akhir zaman kelak. Karena Al-quran adalah pedoman dan petunjuk bagi umat islam di dunia ini.

Mendidik bukan sekedar transfer ilmu saja, tapi lebih dari itu yaitu memberikan nilai-nilai terpuji pada orang lain dalam hal ini adalah peserta didik untuk berakhlak Al-qur’an. Pendidikan yang paling mulai di berikan orang tua adalah pendidikan al-qur’an yang merupakan lambang agama islam yang paling hakiki sehingga dapat menjunjung tinggi nilai- nilai spiritual islam.

Output yang diharapkkan melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an yang belangsung selama dua hari ini dan bertempat di Mesjid Kampus Sabillurasyad Universitas Negeri Gorontalo memberi kesan berharga serta pembelajaran bagi mahasiswa statistika agar dalam keseharianya dapat mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan. (Irma-Stat'16)

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG