Awal yang Baik untuk Awali SATRIA DATA

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 19 Oktober 2020 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- Statistika Ria dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) merupakan kegiatan berskala nasional untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang statistika dan sains data. Dari tiga kelompok kegiatan dalam SATRIA DATA tersebut, UNG berpartisipasi dalam kelompok kegiatan lomba, yaitu Kompetisi Statistika Nasional (KSN), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Competition (BDC). Bagi Universitas Negeri Gorontalo, keikutsertaan wakil UNG di ajang ini akan menjadi acuan bagi universitas khususnya program studi untuk mengukur kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa. Tentunya se-optimal mungkin persiapan dilakukan mulai dari mengikuti sosialisasi pelaksana SATRIA DATA, seleksi mulai di tingkat Fakultas hingga Universitas, kemudian dilanjutkan dengan pendampingan berupa pembimbingan bagi peserta dan tim yang telah lulus seleksi di tingkat Universitas.

Dalam perhelatan nasional yang perdana diselenggarakan secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional ini, peserta dan tim UNG berhasil memborong beberapa prestasi (19/10/2020).  Adalah Dua mahasiswa prodi S1 Statistika UNG, Viarie Christin Katiandagho yang masuk sebagai finalis Terbaik I Wilayah IX-LLDikti tangkai lomba KSN dan juga Febriyana Taki yang lolos sebagai 50 semifinalis pada tangkai lomba yang sama. Bagi mereka berdua capaian tersebut di luar ekspektasi. "Saya tidak menyangka bisa melangkah sejauh ini, sebab saya sama sekali tidak memiliki contoh soal sebelumnya yang bisa menjadi kisi-kisi yang perlu dipelajari", ungkap Viarie. Pasalnya dalam Pedoman petunjuk teknis kegiatan, peserta sekedar diberikan materi kompetisi apa saja yang akan diperlombakan, yaitu meliputi Teori Peluang, Statistika Matematika, Desain Survei, Perancangan Percobaan, Analisis Regresi, Analisis Deret Waktu, Analisis Peubah Ganda dan Analisis Data Kategorik. Kedua semifinalis tersebut, kemudian harus kembali bertarung dengan sebuah studi kasus yang wajib diselesaikan dengan menggunakan analisis data hanya dalam durasi yang tidak lama.

Tak kalah bersaing dengan lainnya, Siti Rahma Al Haddad dan Sri Nurhidayati Lasimpala, yang juga merupakan mahasiswa prodi S1 Statistika UNG, berhasil sejajar dalam 20 semifinalis dalam TIM lomba SIC. Dalam SIC tersebut, tim ditantang untuk mengubah informasi-informasi yang terkandung dalam topik yang telah disediakan, kemudian data tersebut harus dianalisis dan hasil analisisnya dituangkan dalam suatu bentuk infografis yang menarik dan komprehensif.

"Bagi kami ini adalah awal yang baik untuk mengawali ajang SATRIA DATA yang pertama kali diselenggarakan, dengan ini UNG perlu menggenjot lagi persiapan demi persiapan ke depan untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi, ucapan terimakasih kepada mahasiswa yang telah berprestasi terutama bagi dosen pembimbing dan pimpinan fakultas dan jurusan yang telah turut memberi support", ungkap Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG