KKN MBKM Prodi Statistika Desa Tihu Pamerkan Produk UMKM di Bone Pesisir Expo dan Bazar UMKM

Oleh: Isran K. Hasan . 6 Januari 2023 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG--  Mahasiswa KKN MBKM Prodi Statistika UNG Desa Tihu memamerkan hasil produk UMKM binaan pada Bone Pesisir Expo dan Bazar UMKM yang dilaksanakan di Kompleks Kantor Desa Tihu, Jumat (6/1/2023).

Produk yang dipamerkan antara lain kue kelapa, nugget hingga abon ikan. Terdapat pula jualan UMKM dari Desa atau Kecamatan lain seperti rempah-rempah, olahan snack ringan hingga minuman segar. Ketua Panitia Pelaksana Bone Pesisir Expo dan Bazar UMKM, Afandi Biga mengatakan kegiatan ini merupakan program inti yang ketiga setelah sebelumnya dua program inti telah dilaksanakan yaitu terkait pembentukan, pelatihan dan pemasaran produk kelompok UMKM serta optimalisasi pengelolaan wisata yang akan menjadi fasilitator para UMKM.

“Kegiatan ini adalah kegiatan terbesar kami karena melibatkan 5 kecamatan yang ada di Bone Pesisir Kami mahasiswa ingin program kerja yang telah kami laksanakan didesa ini akan terus disupport oleh Pemerintah dan membawa manfaat untuk masyarakat,”ujar Afandi.

Afandi juga berharap semoga dengan adanya kegiatan Bone Pesisir Expo dan Bazar UMKM ini bisa mengurangi angka kemiskinan di Bone Pesisir secara umum dan khususnya di Desa Tihu. Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Sumber Daya Alam Setda Bone Bolango, Jusni Bolilio menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Bone Pesisir Expo dan Bazar UMKM yang digagas oleh mahasiswa KKN MBKM Prodi Statistika UNG.

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mengapresiasi ide briliant yang digagas oleh adik-adik mahasiswa terkait dengan pemberdayaan UMKM ini,”ujar Jusni Bolilio yang mewakili Wakil Bupati, Merlan S. Uloli. Jusni juga menilai pelaksanaan kegiatan ini salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan ekonomi rakyat. “Kami menghimbau kepada Pemerintah Kecamatan dan Desa agar kiranya bisa memberdayakan para pelaku UMKM disini dengan membeli dan menggunakan produk mereka disetiap kegiatan agar bisa terus tumbuh dan berkembang,”pungkasnya.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG