BARAKATI TO JUMA'ATI : Infografis Untuk Visualisasi Data Yang Memukau dan Mudah Dipahami

Oleh: Isran K. Hasan . 19 November 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- Program studi statistika Universitas Negeri Gorontalo mengadakan kegiatan Barakati to Juma'ati dengan menghadirkan dua pemateri yang telah meraih prestasi di bidang infografis. Kegiatan yang diadakan pada Jumat, 18 November 2022 dihadiri oleh mahasiswa statistika dari berbagai angkatan.

Pemateri pertama adalah I Made Yoko Vista Yoga, mahasiswa statistika angkatan 2021 yang berhasil menjadi finalist dalam kompetisi Indonesia Economic Review (IER) 2022 cabang lomba infgrafis. Ia memaparkan bagaimana cara membuat infografis yang menarik dan mudah dipahami oleh orang awam. "Infografis harus memiliki visualisasi yang menarik, mudah dipahami, serta tidak membingungkan," ujar Yoko.

Sementara itu, pemateri kedua adalah Asda Djou, mahasiswa statistika angkatan 2018 yang berhasil meraih juara kedua dalam kompetisi Infografis Badan Pusat Statistik (BPS) 2022. Asda membagikan tips dan trik dalam membuat infografis yang berfokus pada bagaimana menampilkan data dengan benar dan akurat.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari peserta, terutama dalam menambah pengetahuan dan keterampilan dalam membuat infografis yang baik dan efektif. "Saya merasa sangat terbantu dengan materi yang diberikan oleh kedua pemateri. Saya sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik dalam membuat infografis," kata salah satu peserta.

Diharapkan kegiatan Barakati to Juma'ati dapat terus dilaksanakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih kepada mahasiswa statistika, serta membuka peluang untuk meraih prestasi dalam berbagai kompetisi infografis di masa depan.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG