BARAKATI TO JUMA'ATI : Menumbuhkan Jiwa Peneliti Dalam Pengoptimalan Strategi Publikasi Ilmiah

Oleh: Isran K. Hasan . 16 Desember 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- (9/12/2022) Strategi peningkatan mutu dan jumlah publikasi penelitian para dosen dan mahasiswa Program Studi Statistika menjadi hal yang sangat penting. Strategi tersebut disampaikan Melalui program BTJ kali ini. Bertempat aula Fakultas MIPA, UNG, kegiatan dibuka oleh ketua prodi S1 Statistika UNG, dimana dikemukakan bahwa Tujuan kegiatan tersebut yakni untuk menambah pengetahuan menulis dan mendorong pengoptimalan dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan publikasi karya ilmiah pada jurnal bereputasi nasional maupun internasional.

Kegiatan inti menghadirkan dosen jurusan matematika UNG, yaitu Resmawan, S.Pd., M.Si yaitu Ketua Program Studi Matematika UNG sebagai narasumber. Melalui materi dengan topik Menumbuhkan Jiwa Peneliti Dalam Pengoptimalan Strategi Publikasi Ilmiah, beliau menjelaskan bahwa strategi dalam penulisan artikel salah satunya harus memiliki ciri khas. Selain itu, karya juga harus mempunyai ide atau gagasan yang kontributif, inovatif, serta faktual. Kendala yang selalu dihadapi oleh dosen maupun mahasiswa dalam merumuskan suatu karya ilmiah seringkali terbentur pada karya yang tidak orisinal. Solusi yang ditawarkan yakni dengan memperkuat bahan bacaan dan mempertajam sensitivitas dalam menangkap problematika di tengah masyarakat dan kaitannya dengan bidang kajian.

Dengan bacaan yang luas, menurutnya, dapat melatih diri dalam melihat melihat isu faktual dan sisi yang bisa dijawab dengan penelitian, dan dari situ dapat menghasilkan karya yang bermutu. “Kemampuan menulis dengan baik akan terasah apabila kita banyak berlatih dan mengevaluasi setiap karya secara rutin. Sehingga kita dapat menghasilkan karya yang memiliki kecirikhasan tersendiri dibandingkan karya milik orang lain. Inilah membuat karya kita akan diminati para reviewer jurnal nanti,” paparnya.

Selain persoalan tulisan, paling penting lagi, menurutnya adalah penulis harus jujur terhadap sumber atau rujukan yang dikutip. Mengutip dalam tulisan tidak lebih dari 20 persen agar terhindar dari plagiarisme. Karena itu yang selanjutnya dikuasai adalah strategi parafrasa.

Terakhir Beliau juga menyampaikan bahwa para penulis harus meninjau terlebih dahulu jurnal yang akan dituju. Kemudian lebih selektif dan harus disesuaikan dengan konsentrasi karya. Penting juga memperhatikan dan menyesuaikan sistematika tulisan dengan standar jurnal tujuan, mulai pendahuluan, kajian pustaka, metode, pembahasan, simpulan hingga daftar pustaka.

Dari kegiatan tersebut, semoga dapat berdampak positif pada peningkatan mutu dan jumlah publikasi penelitian para dosen dan mahasiswa Program Studi Statistika. Sehingga bisa lebih banyak lagi dan lebih berkualitas lagi dalam mendukung pemeringkatan kampus.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG