Kuliah Pakar 2020 : Dinamika dan Peran Big Data di Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 14 November 2020 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- Salah satu kegiatan tahunan yang diselenggarakan di prodi S1 Statistika UNG yaitu Kuliah Pakar Warga Statistika. Kuliah pakar tahun ini dibalut dengan rapih oleh HIMASTA dengan tema Dinamika dan Peran Big Data di Masa Pandemi Covid-19 walaupun pelaksanaannya secara Daring melalui Zoom Meeting (14/10/2020) yang dibuka secara umum tidak hanya untuk mahasiswa prodi Statistika UNG saja. Partisipasi peserta pada kegiatan tersebut hingga lebih dari 200 orang, yang tersebar di berbagai wilayah dengan profesi tidak hanya dari kalangan mahasiswa. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fakultas MIPA, Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd yang dalam sambutannya beliau mengatakan  "Covid-19 janganlah menurunkan semangat kita semua, terutama dalam menimbah ilmu, alhamdulillah hari ini HIMASTA menunjukkan itu". Inti kegiatan tersebut yaitu dengan pemaparan materi oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, Rudi Cahyono, SST., M.Si dengan topik Pemanfaatan Big Data di Masa Pandemi Covid-19.

'

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sharing session yang diisi oleh dua alumnus tahun 2019 prodi S1 Statistika UNG, yaitu Fatmawati, S.Si , yang sekarang bekerja di PT. PLN Tarakan Area Gorontaloi dan Toli-Toli, dan Ferdiansyah Dukalang, S.Si yang saat ini bekerja di PT. BRI Persero Gorontalo. Sesi ini digunakan oleh kedua alumnus untuk menceritakan tentang pengalaman mereka saat kuliah, trik dan tips jitu kuliah lancar dan strategi wisuda tepat waktu, pengalaman melamar pekerjaan, tantangan yang dihadapi saat bekerja, hingga sinkronisasi mata kuliah yang pernah didapat selama kuliah dengan kebutuhan dalam pekerjaan. "Kami selalu berupaya melibatkan alumnus dalam berbagai kegiatan yang ada di prodi ini, sehingga silaturahmi dan berbagai informasi penting bagi prodi dapat berjalan baik", ungkap M. Rezky F Payu, M.Si, Ketua Prodi S1 Statistika UNG.

Sebelum kegiatan ditutup, ketua prodi menyempatkan untuk mengumumkan prestasi akademik mahasiswa prodi S1 Statistika UNG, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap capaian prestasi akademik yang diukur dari nilai IPK mahasiswa di semester tersebut untuk setiap angkatan dan raihan 3 (tigas) IPK secara umum.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG