Pengukuhan Agen Statistik UNG : "Siap Melayani dengan Asyik"

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 5 Oktober 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- Enam mahasiswa program studi S1 Statistika, Universitas Negeri Gorontalo dikukuhkan sebagai Agen Statistik UNG. Bertempat di Aula Fakultas MIPA UNG (5/10/2022), seremonial Pengukuhan Agen Statistik berlangsung dengan khitmat. Diawali dengan sambutan Dekan Fakultas MIPA UNG, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si, yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPS Provinsi Gorontalo yang telah memberikan mandat kepada FMIPA khususnya prodi Statistika dalam menyiapkan petugas Pojok Statistik, yang merupakan mahasiswa prodi Statistika, dalam hal ini disebut sebagai Agen Statistik. "Melihat persaingan mahasiswa baru yang memilih prodi Statistika, dengan daya tampung terbatas, hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang berada di prodi saat ini merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan yang terbaik dan berdasarkan record prestasi prodi dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan, ini mendeskripsikan bahwa Agen Statistik yang nantinya dikukuhkan pada hari ini tidak perlu dikhawatirkan, dan semoga bisa menunjukkan nilai-nilai Profesional, Inovatif dan Berbudaya sebagaimana yang menjadi nilai dalam prodi ini", ungkapnya. Beliau juga menambahkan bahwa "tentu arahan dan bimbingan dari kakak-kakak pendamping BPS sangat diharapkan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan selama mahasiswa kami ini ditugaskan sebagai Agen Statistik".

Selanjutnya pengantar kata oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Mukhamad Mukhanif, S.Si., M.Si. Beliau menyampaikan latar belakang perlunya Agen Statistik bagi Pojok Statistik, dimana peran dan tanggung jawab Agen Statistik sebagai salah satu perpanjangan tangan dari BPS. "Ada banyak data ataupun publikasi dari BPS yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, ada banyak para pengguna data BPS namun tidak banyak yang mengerti dengan baik interpretasi dari data tersebut, dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan data dan statistik di luar sana. Sehingga dengan melibatkan mahasiswa sebagai Agen Statistik, dengan menempatkan Pojok Statistik di kampus UNG yang terjangkau strategis tidak hanya oleh sivitas kampus UNG saja, namun juga masyarakat umum, diharapkan mampu menjawab tantangan dan kesulitan tersebut, yang tentunya bermuara pada terimplementasinya Literasi dan pemanfaatan statistik di Provinsi Gorontalo dengan baik", ungkapnya.

Prosesi pengukuhan dipimpin langsung oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo yang dilanjutkan dengan Pemasangan Selempang kepada ke-enam Agen Statistik dan penyematan Pin, didampingi oleh Dekan FMIPA UNG dan Wakil Ketua Wilayah 3 FOSRTAT Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Agen Statistik dan penandatangan Ikrar Agen Statistik oleh seluruh Agen Statistik dan mengetahui Ketua Program Studi S1 Statistika UNG.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG