POJOK STATISTIK, Perdana di Provinsi Gorontalo

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 7 Oktober 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- Kini telah hadir di Provinsi Gorontalo untuk pertama kalinya, "Pojok Statistik", merupakan upaya meningkatkan Literasi dan Pemanfaatan Statistik yang diwujudkan melalui kerja sama Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo bersama Universitas Negeri Gorontalo. Peresmian yang diawali dengan Kuliah Umum oleh Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Dr. Eng. Imam Machdi, M.T mengambil tajuk "Peran Statistik dalam Mewujudkan Indonesia Berdaya Saing di Era Disrupsi" itu menjelaskan bagaimana perubahan zaman memberi dampak perubahan terhadap data dan kebutuhan statistik, bagaimana peran Big Data untuk Official Statistics , dan kaitannya dengan Pojok Statistik yang merupakan upaya BPS dalam mendekatkan layanan statistik langsung di Perguruan Tinggi, dengan mensosialisasikan pemanfaatan statistik untuk kebutuhan dalam penelitian mahasiswa dan dosen, skripsi, tesis, disertasi, dan lain sebagainya, serta dapat pula melayani masyarakat umum. Dengan mengusung prinsip kolaborasi, sinergi dan bermanfaat, Pojok Statistik digagas dalam rangka menjawab kebutuhan akademisi dan mahasiswa akan statistik. "Bukan saja untuk melayani konsultasi Statistik, namun kami juga siap memberikan asistensi dalam merancang berbagai kegiatan Statistik, seperti dalam mengumpulkan data dan lain-lain", pungkasnya.

Hal ini mendapat sambutan hangat dan apresiasi dari Rektor UNG yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Karmila Machmud, S.Pd, M.A., Ph.D. "Dari tagline Pojok Statistik, Tempat Asyik Belajar Statistik, maka tentu paradigma bahwa Statistika itu adalah hal yang sulit, semoga dengan hadirnya Pojok Statistik, bukan hanya mahasiswa Statistika atau Matematika aja yang suka dengan Statistik namun siapa saja", ungkapnya. "Kita akan mudah untuk memperoleh literasi, edukasi, serta pemenuhan data yang kita butuhkan. Sehingga kami dari awal sangat bersyukur sekali dengan program ini dan semoga Pojok Statistik ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh sivitas UNG bahkan masyarakat yang ada di Provinsi Gorontalo", tambahnya.

Kegiatan yang berpusat di Gedung UPT Perpustakaan UNG (7/10/2022) ini mengundang seluruh pimpinan fakultas, kepala Biro, kepala UPT, ketua Lembaga, beberapa Ketua Program Studi/ Jurusan, Wakil Mahasiswa, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi/Kab./Kota, dan dari beberapa OPD yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya di Kab. Bone Bolango. Peresmian secara simbolik dilaksanakan di Aula UPT Perpustakaan UNG Lt.3, yang ditandai dengan pemukulan Polopalo, yang merupakan alat musik tradisional semenanjung Provinsi Gorontalo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi dan meresmikan secara langsung Pojok Statistik yang berada di Lt.2 UPT Perpustakaan UNG. Kepala Deputi mengambil buah pisang yang digantung di depan Pojok Statistik sebagai bagian dari tradisi Gorontalo untuk memasuki gedung/ tempat baru. Selanjutnya, diikuti oleh seluruh tamu undangan, dan langsung menikmati asyiknya fasilitas dan layanan yang ditawarkan di Pojok Statistik, yang dipandu oleh Agen Statistik.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG