Pundi-Pundi Prestasi di Hari Statistik Nasional

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 27 September 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- (26/9/2022) Seperti tahun-tahun sebelumnya, Lomba dalam rangka memperingati Hari Statistik Nasional (HSN) oleh BPS Provinsi Gorontalo menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa prodi S1 Statistika UNG untuk menambah tabungan prestasi di prodi. Dua cabang lomba yang diikuti oleh mahasiswa prodi ini yaitu Lomba TikTok dan Lomba Infografis. Pada lomba TikTok yang dibuka untuk peserta individu/ perseorangan dari Masyarakat Umum (non-pegawai BPS) se-Provinsi Gorontalo, dengan tema yang diusung yaitu "Pendataan Awal Registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek)", berhasil diraih oleh I Made Yoko Vista Yoga sebagai Juara 1 dan I Gede Adi Pratama sebagai Juara Favorit, yang keduanya merupakan mahasiswa Semester 3 saat ini. Serta Friansyah Gani, mahasiswa Semester 7 yang meraih Juara 3.

Selanjutnya pada cabang Lomba Infografis, kali ini mensyaratkan tema "Sosial Kependudukan dan Ekonomi" dengan peruntukkan peserta khusus Mahasiswa se-Provinsi Gorontalo, diborong habis oleh mahasiswa prodi S1 Statistika UNG, yaitu Asda Djou sebagai Juara 3, Sri Adiningsih B. Usman sebagai Juara 2, dan Friansyah Gani sebagai Juara Favorit. Sementara Juara 1 sekaligus sebagai Juara bertahan dari tahun sebelumnya yaitu Ramdan Hayati, mahasiswa Semester 7. Dalam desainnya yang terlihat vintage itu, Ramdan mengulas tentang Kondisi Kemiskinan Provinsi Gorontalo tahun 2021, dengan menyajikan beberapa deskripsi berupa Garis kemiskinan per Rumah Tangga Miskin,  Persentase Terbesar Penduduk Miskin menurut Provinsi dalam bulan Maret dan September 2021, 3 Komoditi Makanan dan Bukan-Makanan yang memberi sumbangan terbesar terhadap Garis Kemiskinan per September 2021, Perkembangan Angka Kemiskinan (dalam Persen) per Maret dan September dari tahun 2017 hingga tahun 2021, serta faktor-faktor yang terkait dengan tingkat Kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

"Kami turut bangga dan sangat mengapresiasi prestasi yang dipersembahkan oleh mahasiswa kami", ungkap M. Rezky F Payu, M.Si, selaku Kaprodi. "Inilah outcome yang kami harapkan dalam pembelajaran, dengan metode pembelajaran berbasis digital dan PJBL, setiap mata kuliah yang mengimplementasikan metode ini, mewajibkan mahasiswanya menghasilkan portofolio, yang salah satunya berupa Infografis atau pembuatan video singkat menggunakan media yang lagi trend saat ini sepeti TikTok, sehingga kami cukup optimis bilamana melalui ajang seperti ini, mahasiswa kami memiliki daya saing yang baik dari kompetitor lainnya", tambahnya pula.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG