Rapat Tahunan AMLI 2022 Bidang Matematika, Statistika dan Ilmu Komputer : Sewajarnya Tapi Nyata

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 14 Oktober 2022 . 21:21:21

 

 

Gorontalo, StatistikaUNG-- Hari kedua setelah pelaksanaan International Conference on Sciences, Mathematics and Education, pertemuan dua belas perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (AMLI), menyelenggarakan Rapat Tahunan yang bertempat di gedung Fakultas MIPA, Universitas Negeri Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango (14/10/2022). Rapat Tahunan AMLI tersebut didahului dengan seremonial pembukaan oleh Dekan Fakultas MIPA, UNG, dan sambutan serta laporan Ketua AMLI. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Diskusi kelompok sesuai bidang masing-masing yang menempati ruangan yang telah disediakan.

Diskusi kelompok bidang Pendidikan Matematika, Matematika, Statistika dan Ilmu Komputer, dipimpin dan dimoderatori oleh Ketua Jurusan Matematika, UNG, Dr. Tedy Machmud, M.Pd. Forum tersebut dihadiri oleh Ketua-ketua Jurusan/ Program Studi, Sekretaris Jurusan, dan Kepala Laboratorium yang berasal dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogjakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Manado, dan Universitas Pendidikan Ganesha. Topik rapat diawali dengan  pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa antar PT AMLI. PERMATA AMLI yang sudah berjalan perlu dioptimalkan, dikaji dan dievaluasi kembali apa yang menjadi kendala atau kekurangan dalam pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya. Misalnya dalam hal Konversi ataupun rekognisi mata kuliah dan jumlah SKS-nya, dan menentukan Semester berapa yang ideal yang mengikuti program tersebut.

Topik kajian dalam rapat tersebut selanjutnya membahas tentang optimalisasi eksistensi Jurnal yang dimiliki oleh program studi/ jurusan, dimana dibutuhkan kesediaan dosen kepakaran sebagai Reviewer. Dalam forum itupun disepakati pelaksanaan Webinar ataupun Seminar Nasional yang dapat diselenggarakan secara bergilir oleh PT di bawah AMLI. "Mari kita terus bersinergi dalam memperkuat AMLI ini, program yang kita ramu di hari ini adalah yang sewajarnya dapat direalisasikan dengan nyata", ungkap Tedy mengakhiri pertemuan tersebut.

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG