Survive Menjawab Isu Perekonomian, Mahasiswa Prodi Statistika UNG Perdalam Jiwa Wirausaha

Oleh: Muhammad Rezky Friesta Payu . 8 September 2022 . 21:21:21

Gorontalo, StatistikaUNG-- (8/9/2022) Sudah sepuluh tahun terakhir ini, mata kuliah Kewirausahaan menjadi mata kuliah penciri Universitas yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa program Studi di Universitas Negeri Gorontalo. Sejalan dengan realita di lapangan, terus bertambahnya pengangguran karena peluang mendapatkan pekerjaan yang semakin sulit, belum lagi dengan kondisi ekonomi di tahun-tahun terakhir yang semakin terpuruk, maka Perguruan Tinggi punya tanggung jawab besar menjadi bagian yang dapat memberikan solusi. Salah satunya dengan mengemas kurikulum yang  dapat menjawab tantangan tersebut dan memenuhi kebutuhan yang ada di sekitarnya.

Mahasiswa diharapkan mempunyai mindset yang baik, dapat menghilangkan gengsi, punya etos kerja yang baik untuk bisa mengeluarkan potensinya menghasilkan karya-karya terbaik sekaligus dapat menciptakan lapangan kerja. "Dalam Mata Kuliah ini mahasiswa diminta mengidentifikasi peluang-peluang usaha yang bisa dikerjakan selama satu semester, baik dilakukan sendiri maupun berkelompok yang kemudian akan dianalisis peluang pasarnya, dibuat berdasarkan target market dan lain-lain hingga menghasilkan sebuah produk yang layak jual", ungkap Novianita Achmad, M.Si, selaku Dosen MK Kewirausahaan. "Untuk pemasaran juga akan dibimbing, baik melalui offline maupun marketing online. Diharapkan selama MK berlangsung mahasiswa bisa menghasilkan tambahan uang saku untuk melatih mendapatkan penghasilan dari usaha sendiri", tambahnya.

Di Program Studi S1 Statistika muatan kewirausahaan ini menjadi satu kajian tersendiri karena menjadi bagian dalam mewujudkan profil lulusan tambahan yakni sebagai Technopreneur. Sehingga kompetensi berwirausaha dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi disertai keilmuan dalam Statistika akan menjadi ciri khas tersendiri bagaimana lulusan prodi S1 Statistika UNG akan mampu bersaing dalam ranah bisnis.

 

Agenda

26 Februari - 01 Maret 2023

Asesmen Lapangan

Asesmen Lapangan Program Studi S1-Statistika Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.

28 - 30 Oktober 2022

ARITMETIKA HIMASTA

Asimilasi dan Orientasi Kepanitiaan Mahasiswa Baru Statistika oleh HIMASTA (Jum'at-Ahad, 28-30 Oktober 2022, di Aula FMIPA UNG)

15 Oktober 2022

RAPAT TINDAKLANJUT PEMBINAAN POJOK STATISTIK

oleh FORSTAT melalui Zoom Meeting (19:30 WIB)

7 Oktober 2022

PERESMIAN POJOK STATISTIK UNG

Waktu : 08.00 sd Selesai, Tempat : UPT. Perpusatakaan UNG